Oleh Arif Wahyudi
Belajar music band

Pendahuluan

Mambentuk suatu Group Band tidaklah sulit, kalo dari masing- masing personil bener- bener punya keinginan yang tinggi untuk menjadi seorang musisi. Di dalam sebuah Group Band diharuskan bias memahami masing- masing teman personilnya,supaya untuk mencegah terjadinya konflik,bagaimanapun juga keutamaan dari membuat grop band yaitu kekompakan,dan keharmonisan antara personil,tidak ada yang merasa dirinya yang paling hebat/paling pintar,tidak boleh egois,harus bias saling mengerti,mendukung,apa bila ada salah satu personil yang kesulitan dalam memainkan lagu maupun membuat lagu, hendaknya di bantu bersama- sama.
Tentang skil/kemampuan individu sangatlah diperlukan dalm pembentukan suatu group band,utuk mempunyai skil harus punya Keinginan untuk belajar yang giat dan semangat,misal seorang gitaris harus bisa membunyikan gitar,setidaknya bisa memainkan accord/kunci dengan baik,usahakan pula dalm belajar musik, tidak ada paksaan dari teman maupun siapa saja,harus tulus belajar dari keinginan sendiri, jadikan bahwa belajar music itu menyenangkan,apalagi belajar bersama- sama dengan teman se grop bandnya.
Instrumen/ alat- alat music yang dipergunakan dalam band pada umumnya yaitu, Gitar,Drum,gitar bass,mic vocal,keyboard,ampli dll. Seorang personil harus bisa memainkan alat musiknya, misal searang gitaris harus bisa main gitar,drummer harus bisa main drum, tapi lebih bagusnya lagi bisa menguasai semua alat music,sebab bagaimanapun juga band adalah suatu penciptaan music group,yang tidak cuman satu alat music,melainkan perpaduan isntrumen- instrument yang berbeda,ketika latihan ada salah satu personil yang salah dalam bermain musiknya, meskipun berbeda intrumen, kalo suadah bisa menguasai instrument yang lain maka setidaknya akan tau letak kesalahannya dan dapat diperbaiki bersama- sama.
Ada banyak jenis teori- teori dalam pembelajaran music,di antaranya menggunakan teori not balok,tabliatur,not angka,dll. Mungkin untuk orang awam/orang umum terlalu asing dan sulit kalo menggunakan teori tersebut,maka dipembelajaran kali ini tidak menggunakan teori- teori tersebut,melainkan menggunakan symbol- symbol yang mudah saja.

Teori belajar music band
Belajar Chord/Kunci Gitar
Dalam sebuah lagu ada yang namanya kunci utama,yaitu kunci yang dominan dalam lagu tersebut. Contoh pada lagu Ungu ‘seperti yang dulu’
Intro: D Bm

CHORD/KUNCI

D
Tiada guna kau kembali
Bm
mengisi ruang hari ini
G
Semuanya telah berlalu
A
Bersama luka aku
(*)
D
Tiada guna kau berjanji
Bm
Untuk setia menemani
G
Hatiku yang t’lah terluka
A
Karna dustamu
Reff
D
Semuanya telah berakhir
Bm
Antara hatiku dan hatimu
G
Takkan ada cinta music: Bm G D A 2X
A kembali ke (*), reff
Seperti yang dulu
D
Semuanya telah berakhir
Bm
Antara diriku dan dirimu
G
Takkan ada rindu
A
Seperti yang dulu

Kalau kita perhatikan lagu tersebut kunci utanmanya yaitu D ( D Mayor)
Kenapa nada utamanya D ?,karna nada D di awal dan mengawali dari lirik- lirik tersebut,setelah diketahui bahwa D adalah nada utama,kemudian cari kelompk dari nada chord D.
Rumus chord dengan nada utama mayor
I ii iii IV V vi VII VIII
Mayor minor minor Mayor Mayor minor Dim mayor 1

Dari rumus di atas bisa kita ketahui dengan menyusun seperti di bawah Ini:
D=I
D Em Fm G A Bm C/dim D
Selanjutnya lihat kembali lagu di atas, chord/kunci apa sajakah yang di gunakan pada lagu tersebut,yaitu: D Bm G A ( I vi IV V )

3 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s